Percaya Diri

adalah suatu harga mati untuk sebuah kesuksesan

apakah kamu sudah punya kepercayaan diri ???

kalau belum silakan liat mareti bimbingannya pada postingan sebelumnya.

apa sih manfaat percaya diri itu ??

apakah hanya sebatas percaya diri berpidato di depan umum ??

tentu tidak, percaya diri harus dalam segala hal

Artikel ini akan membahas tentang kekuatan “percaya diri” dan makna serta kekuatan didalamnya.

Percaya diri adalah suatu keyakinan dan sikap seseorang terhadap kemampuan pada dirinya sendiri dengan menerima secara apa adanya baik positif maupun negatif yang dibentuk dan dipelajari melalui proses belajar dengan tujuan untuk kebahagiaan dirinya –

kapankah manusia merasa percaya diri ?
manusia merasa percaya diri ketika mereka mencapai 2 hal, yakni saat mereka tidak mengetahui. dan yang kedua saat mereka mengetahui.

sebagai contoh, seorang HRD memanggil 2 orang pelamar dan bertanya pertanyaan yang sama kepada mereka, dapatkah kamu bergerak dari kota A ke kota B dalam waktu setengah jam ?

pelamar pertama menjawab “saya bisa ! saya percaya saya bisa melakukannya !!”

dan pelamar kedua pun menjawab ” saya bisa ! saya percaya saya bisa melakukannya !!”

dan HRD itupun melanjutkan pertanyaannya kepada kedua pelamar “tahukah kamu bahwa pada waktu seperti sekarang, kondisi lalu lintas sedang padat ? ”

pelamar pertama menjawab “ya saya tahu !”

sedangkan pelamar kdua menjawab ” tidak pak, saya tidak tahu”

HRD mendapat 1 jawaban yang sama, yakni kedua pelamar memiliki kepercayaan diri yang sama, namun mereka tidak mengetahui kondisi yang terjadi sebenarnya.

setiap manusia memiliki percaya diri masing masing, ketika mereka telah mempercayai diri mereka, mereka akan kuat, tegar, dan berdiri kokoh dalam penuh keyakinan.

Mengapa percaya diri sangat penting ? pernah dengar cerita tentang telur burung rajawali yang menetas diantara telur ayam, dan si anak burung dibesarkan oleh induk ayam ? binatang lain berkata pada anak burung bahwa dia adalah rajawali ! tak sepantasnya anak burung itu untuk berjalan kesana kemari. namun karena kurangnya kepercayaan diri, dan tak mau mencoba dan belajar, akibatnya si burung telah tumbuh menjadi burung dewasa yang tak bisa terbang.

jika kita menghalangi kepercayaan diri kita, kemampuan kita tak dapat tersalurkan secara total. dengan percaya diri, manusia menghasilkan energi positif yang akan membakar semangat dan terus mencoba meski kita jatuh.

Barangsiapa yang tidak pernah gagal, ia takkan pernah mencoba hal baru – Einstein
anda akan ‘tersesat’ ketika anda tahu kemana anda pergi – Anonym

Tinggalkan komentar