UPGRADE YOUR MIND – SIAPA TAKUT ???

Hidup di zaman serba cepat dan dinamis seperti sekarang ini menuntut kita untuk bekerja lebih keras terutama otak. Pada saat informasi penting datang secara tiba – tiba, kita menangkapnya tetapi terkadang beberapa saat kemudian langsung lupa. apakah kamu pernah mengalami hal itu ???

sedang asyik mendengarkan penjelasan dari guru, tapi sampai dirumah lupa apa yang tadi di jelaskan ??

padahal udah berusaha fokus ???

Ingatan adalah lemari yang berisi khayalan, harta karun berupa akal sehat, tempat berhimpunnya hati nurani, dan dewan penasihat bagi pikiran. –St. Basil

Ingatan merupakan suatu proses biologi, yakni informasi diberi kode dan dipanggil kembali. Pada dasarnya, ingatan adalah sesuatu yang membentuk jati diri manusia dan membedakan manusia dari makhluk lainnya.

Kiat terbaik untuk mengurangi lupa adalah dengan cara meningkatkan daya ingat akal siswa. Banyak ragam kiat yang dapat dicoba siswa dalam meningkatkan daya ingatannya, antara lain :

  1. Lakukan teknik relaksasi secara teratur

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan ingatan Anda yaitu dengan secara sadar berusaha mengendurkan ketegangan seluruh otot tubuh sebelum mempelajari sesuatu yang baru. Menurut para peneliti dari Fakultas Kedokteran Univ Stanford, relaksasi otot dapat mengurangi kecemasan yang sering dirasakan seseorang saat berusaha mencoba mempelajari hal baru.

Pertahankan pola kesehatan yang bagus

Gangguan kesehatan termasuk kondisi minor sekalipun, seperti flu atau hipertensi, dapat menggangu ingatan anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa dalam periode 25 tahun, pria menderita hipertensi kehilangan kemampuan kognitif hingga dua kali lipat dibandingkan dengan pria bertekanan darah normal.

Di sisi lain, penelitian di Universitas California Selatan mengemukakan bahwa pada usia 70-an tidak akan mudah mengalami penurunan kemampuan kognitif jika mereka tetap aktif secara fisik.

Tantang diri Anda !

Otak memproduksi senyawa kimia neurotransmitter yang membawa pesan antar sel yang terlibat dalam ingatan dan penentuan strategi. Ketersediaan neuritransmiter tersebut termasuk senyawa kimia pembentuk ingatan asetikolin meningkat apabila otak sering digunakan untuk menyelesaikan tantangan yang menuntut penyelesaian masalah. Penelitian menunjukan bahwa tikus yang hidup dalam lingkungan menantang mempunyai dendritik yang lebih kompleks daripada tikus yang hidup di lingkungan biasa.

Kembangkan ketajaman indera

Sebagian besar jenius bidang ingatan mempunyai persepsi indrawi yang sensasional atau sensitif. Praktikan ketrampilan pengamatan anda dan belajarlah lebih memperhatikan dengan menggunakan seluruh indera Anda.

Kurangnya konsentrasi sering menjadi akibat buruknya ingatan. Jika ingin mengingat sesuatu, berhentilah sejenak, perhatikan dan catat (secara internal maupun eksternal) apa yang ingin Anda ingat

Lakukan olahraga teratur

Selain meningkatkan kekuatan fisik, olahraga teratur juga membantu fungsi ingatan anda dengan menjamin suplai oksigen darah ke otak. Olahraga juga menstimulasi pelepasan endorfin-neurotransmiter yang terkait dengan rasa senang sehingga meningkatkan keceriaan, yang menjadi pemicu penting pembelajaran ingatan.

Selain itu penelitian juga menunjukan bahwa olahraga juga meningkatkan produksi Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF). Satu dari delapan faktor pertumbuhan manusia yang diperkirakan mampu meningkatkan kemampuan belajar dan perlindungan sel dari penyakit, seperti Alzheimer, dan parkinson.

Hindari obat penenang dan zat yang menimbulkan kantuk

Segala zat yang membius otak termasuk alcohol, benzodiazepin (biasa untuk terapi ganguan kecemasan) dan obat penenang lain menghambat fungsi optimal daya ingat anda. Jika ingin santai, makanlah makanan berkarbohidrat tinggi yang merangsang produksi tritofan dan bertindak sebagai penenang alami.

Kembangkan sikap mental positif

Ganti sikap negatif atau kritik terhadap diri sendiri, seperti “Aku sudah terlalu tua untuk mengingatnya”, menjadi sikap positif seperti “Ah, ini gampang, santai saja pasti aku bisa ingat kok”. Periksalah keragu raguan dan hambatan mental anda. Sebagian besar perasaan tersebut biasannya muncul saat anda masih sangat muda dengan alasan yang tidak jelas.

Makan secukupnya, kurangi lemak dan minum banyak air

Pilihlah makanan yang rendah lemak dan kalori. Makanan yang rendah lemak dan tinggi protein adalah ayam (tanpa kulit), ikan, kerang, daging sapi muda, dan daging sapi tanpa lemak. Sumber protein nabati rendah lemak mencakup kacang polong kering dan kacang – kacangan lain, produksi susu rendah lemak, termasuk keju dan susu skim, serta makanan berbahan kedelai.

Yang tak kalah penting adalah minum banyak air (ini yang selalu saya lakukan karena mudah dan paling efektif) dapat membantu pencernaan dan pernafasan, meningkatkan kapasitas pembawaan oksigen dalam darah, serta mempertahankan kesehatan

Hindari makanan yang mengandung banyak pengawet, dan pewarna

Pilihlah makanan yang sehat alami, hindari makanan yang mengandung banyak pengawet dan pewarna karena dikhawatirkan juga pengawet dan pewarna yang digunakan belum tentu baik untuk tubuh.

Sekedar info nih buat agan-agan yang ganteng-ganteng n cantik-cantik,

tau gak kalo otak manusia itu kapasitasnya bisa mencapai 1.000.000 GB lohh …. gak percaya ? yuk liat videonya yg langsung dari youtube.com

..

.

.

Demikianlah tips untuk meningkatkan daya ingat dari saya, semoga berguna dan membantu.

Selamat Mencoba

PUSTAKA TERAPI

http://pendi-blog.blogspot.com/2009/07/tips-trik-meningkatkan-daya-ingat.htmlhttp://belajarpsikologi.com/tips-meningkatkan-daya-ingat/Jensen, Eric & Markowitz, K. 2002. OTAK SEJUTA GIGABYTE : BUKU PINTAR MEMBANGUN INGATAN SUPER. Bandung : Kaifa
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s